Header Ads

ad

Agar Kesan Pertama Mengagumkan Lakukan Tiga 3 Hal Ini

Taktik kali ini masih berhubungan dengan artikel sebelumnya yang berjudul Lakukan Lima 5 Hal Ini Agar Disukai Banyak Orang. Jadi agar hasil yang didapat lebih maksimal dan lebih paham dengan yang akan disampaikan, seekers bisa membaca artikelnya dulu ya. Langsung saja inilah 3 Hal Agar Kesan Pertama Mengagumkan:
1. Tersenyum
gambar: stocksnap.io
Tahu tidak kalau salah satu hal paling mudah yang bisa kita lakukan adalah tersenyum. Walaupun kelihatannya sepele, tersenyum memiliki banyak makna. Pasti kita pernah mendengar istilah “arti dibalik sebuah senyuman”.  Presiden Soeharto saja terkenal dengan senyumannya. Jadi hal pertama yang kita lakukan agar mendapatkan kesan pertama yang mengagumkan adalah dengan tersenyum.

Tersenyum dapat menunjukan rasa percaya diri, bahagia, antusiasme, dan penerimaan yang ada pada diri kita. Saat kita tersenyum kita menunjukkan kepada orang lain bahwa kita merasa percaya diri, karena orang yang gugup biasanya tidak tersenyum. Tersenyum juga dapat menunjukkan bahwa kita merasa bahagia, siapa sih yang tidak suka dekat dengan orang yang bahagia? Sehingga dengan melakukan hal sederhana seperti tersenyum dapat memunculkan berbagai penilaian yang baik terhadap kita. Saat kita tersenyum lakukanlah dengan tulus dan tanpa beban, karena senyuman yang tulus dan lepas menunjukkan bahwa kita telah selesai dengan diri kita dan menunjukkan sebuah penerimaan akan keberadaan orang lain dan diri kita.

2. Gunakan Kata-Kata Positif
gambar: stocksnap.io
Hal penting lainnya yang harus kita lakukan agar kesan pertama yang kita dapatkan baik adalah dengan menggunakan kata-kata yang positif. Kesan pertama adalah filter awal yang akan menentukan bagaimana nanti orang melihat kita. Jadi dengan menggunakan kata-kata yang baik, positif, dan tidak mencela dapat membuat kesan orang lain terhadap kita juga baik. Kata-kata positif ini berhubungan erat dengan sikap mental yang positif (baca selengkapnya) yang kita miliki. Dengan memiliki sikap mental positif, kita otomatis akan mengeluarkan kata-kata yang positif. Jangan gunakan celaan atau kata-kata negatif saat pertama kali bertemu.  

3. Hukum Lima Menit Pertama
gambar: stocksnap.io
Lima menit awal adalah waktu yang dibutuhkan oleh orang lain untuk melihat dan menilai kita. Kesan pertama yang muncul dalam lima menit awal inilah yang akan menjadi penilaian bawah sadar orang lain tentang kita. Sehingga dalam lima menit pertama kita harus betul-betul menunjukkan kesan yang baik. Kita bisa memulai perkenalan dengan senyuman yang hangat, sapaan yang antusias dan memilih topik perbincangan yang menarik dengan kata-kata positif. Ingat lakukanlah yang terbaik dalam lima menit awal ini. Hal ini juga penting untuk pelamar kerja yang akan melakukan wawancara kerja, tanamkan kesan positif sesuai dengan tuntutan perusahaan dalam lima menit pertama. 

Sumber : Lieberman, D. J. (2006). Agar siapa saja mau melakukan apa saja untuk Anda. Penerbit Serambi.

Tidak ada komentar