Header Ads

ad

Inilah Cara Memperbaiki Kesan Pertama Yang Buruk

Kita semua pasti pernah melakukan hal-hal yang sangat tidak pantas dan jika hal tersebut menjadi tolok ukur penilaian orang lain terhadap kita maka kita harus memperbaikinya. Tak jarang tindakan tersebut kita lakukan justru pada saat pertama kali bertemu, sehingga kesan pertama orang lain terhadap kita adalah buruk. Untuk memperbaiki kesan pertama yang buruk atau mungkin salah penilaian adalah dengan melakukan tiga 3 hal dibawah ini, yaitu:

1. Tunjukkan Rasa Menyesal 
gambar: stocksnap.io
Hal penting yang harus dipahami adalah saat kita melakukan tindakan yang sangat tidak pantas dan kita memang salah, maka kita harus menunjukkan rasa penyesalan yang tulus dan sungguh-sungguh. Dalam hal ini jangan sampai kita justru berusaha membela diri, karena kesan yang muncul akan semakin buruk. Katakan “aku sangat malu”/”aku sangat menyesal” atau kalimat penyesalan lainnya.
Dengan menunjukkan rasa menyesal sebenarnya kita menunjukkan bahwa kita tahu tindakan kita itu salah dan tidak patut. Kedua adalah menunjukkan kalau kita hanya manusia biasa, dan orang sebenarnya lebih senang dengan orang yang mau mengakui kesalahannya.

2. Bertanggung Jawab
gambar: stocksnap.io
Faktor penting selanjutnya setelah kita mengakui dan menunjukkan rasa penyesalan adalah bertanggung jawab dengan apa yang sudah kita lakukan. Jika hal itu melanggar peraturan atau norma sosial, maka bertanggung jawablah dan jika ada hukuman maka jalanilah. Karena orang akan lebih menghargai orang-orang yang mau mengakui kesalahannya dan bertanggung jawab atas tindakannya.

3. Jujur
gambar: stocksnap.io
Hal terakhir yang harus kita lakukan adalah untuk menjadi pribadi yang jujur. Kejujuran bisa tampak pada saat kita menunjukkan rasa penyesalan dan pertanggung jawaban. Jadi sebisa mungkin untuk jujur dalam bertindak sehingga rasa penyesalan dan pertanggung jawaban kita lebih dapat diterima. Tidak hanya untuk memperbaiki kesan pertama yang buruk, kejujuran dapat meningkatkan faktor kemenarikan kita dihadapan orang lain. Siapa sih orang yang tidak suka bergaul dengan orang yang jujur?

Nah itu dia tiga hal yang dapat kita lakukan untuk memperbaiki kesan pertama yang buruk agar orang lain melihat kita lebih menarik dan mengagumkan.


Quick Facts: Kontak Mata dapat menunjukkan suasana hati seseorang. Saat suasana hatinya baik, mereka  biasanya akan melakukan kontak mata langsung. Sedangkan saat suasana hatinya buruk, biasanya mereka melihat ke bawah dan memalingkan pandangan.

Sumber : Lieberman, D. J. (2006). Agar siapa saja mau melakukan apa saja untuk Anda. Penerbit Serambi.

Tidak ada komentar