Header Ads

ad

Ternyata Ini Lima 5 Cara Agar Tampil Tenang dan Percaya Diri

Seperti telah kita bahas pada artikel sebelumnya tentang Lima 5 Hal Agar Disukai Banyak Orang, faktor percaya diri dan ketenangan menjadi faktor penting yang membuat kita menarik dihadapan orang lain. Rasa percaya diri dan ketenangan akan memunculkan antusiasme yang tidak kita dapatkan saat bersama dengan orang yang minder. Jadi memang kita lebih suka berada di dekat orang-orang yang percaya diri, karena mereka akan menularkan energi nya kepada kita.

Tapi kenyataannya tidak semua orang mampu tampil percaya diri dan tenang, banyak dari kita yang merasa grogi dan minder saat berada di tempat umum, bertemu orang yang baru, maupun dalam kegiatan yang lainnya. Jadi pada bahasan kali ini akan kita ungkap lima rahasia agar tampil tenang dan percaya diri.

1. Bernafas Dalam-Dalam
gambar: stocksnap.io
Ternyata tanpa disadari saat kita grogi kita lebih sering menahan nafas. Orang yang grogi juga sering bernafas dengan cepat dan sering mengambil nafas yang dalam dan pendek-pendek. Hal ini karena saat grogi dan kita menahan nafas, nafas kita menjadi tidak teratur dan asupan yang masuk kedalam tubuh juga berkurang, jadi kita akan lebih banyak bernafas dengan pendek-pendek. Supaya kita bisa tetap tenang dan percaya diri, ambil nafas yang dalam untuk menenangkan sistem saraf kita. Saat saraf-saraf kita tenang maka kita juga bisa tampil lebih tenang dan percaya diri. Coba saja sekarang kita praktekkan, ambil nafas yang dalam beberapa kali maka kita akan merasa lebih tenang. Apalagi kalau ditambah dengan senyuman, pasti emosi kita menjadi lebih positif.

2. Hindari Makanan Yang Memicu Adrenalin
gambar: stocksnap.io
Tahukah kamu kalau faktor utama rasa cemas dan grogi adalah adrenalin. Adrenalin muncul untuk mengimbangi turunnya kadar gula darah yang terjadi di dalam tubuh kita. Jadi sebelum kita melakukan aktifitas penting yang tidak ingin kita grogi, jangan makan makanan yang menurunkan kadar gula darah. Penting juga untuk jangan terlalu menghindari makanan yang mengandung karbohidrat dan gula, karena kalau kita kekurangan kadar gula dan karbohidrat tubuh kita jadi lebih sering kelihatan grogi dan tegang. Jadi bijaklah dalam menentukan program diet yang sesuai. Terutama untuk wanita dan pria yang rela tidak makan karbohidrat sama sekali maupun siapa saja yang sedang diet jangan lakukan itu kalau tidak mau selalu kelihatan grogi dan tegang.

3. Tersenyum
gambar: stocksnap.io
Kalau di poin sebelumnya tadi kita fokus pada faktor fisiologis, di poin kali ini kita fokus pada kegiatan-kegiatan yang membuat kita tenang. Hal paling mudah yang bisa kita lakukan untuk membuat tubuh kita tampak tenang adalah tersenyum. Tersenyum memang kelihatannya sepele, tapi ternyata tersenyum bisa membuat perasaan kita menjadi lebih bahagia dan tenang. Tidak percaya? Coba kalian tersenyum selama satu menit, rasakan bedanya, pasti kita merasa lebih senang dan tenang. Tapi coba kalian bikin ekspresi sedih atau cemberut selama satu menit, pasti rasa yang dirasakan tubuh juga negatif.
Jadi supaya kita bisa tampil tenang dan percaya diri, hal penting yang dilakukan adalah tersenyum. Dengan tersenyum kita akan merubah emosi grogi dan tegang  menjadi emosi yang lebih senang dan tenang. Suasana hati yang senang pada akhirnya akan mencerminkan keadaan fisik kita. Kalau emosi kita senang dan tenang, hal itu akan terlihat dari fisik kita. Begitu juga sebaliknya, keadaan fisik juga bisa merubah keadaan emosi kita. Jadi keep smile seekers... :D

4. Relaksasi
gambar: stocksnap.io
Di poin ketiga diatas disebut tentang menenangkan sistem saraf. Kalau tiga langkah sebelumnya dapat dipraktekkan langsung saat itu juga, untuk yang keempat ini lebih kelihatan untuk jangka panjang. Orang yang grogi dikatakan tadi nafasnya tidak teratur dan menjadi tegang, kenyataannya emosi kita juga tersimpan di otot-otot tubuh. Jadi saat kita merasa tegang dan grogi, lakukan peregangan tubuh untuk mengendurkan otot-otot tubuh yang tegang. Kita pasti pernah merasakan setelah peregangan atau relaksasi dengan pijatan kita akan merasa lebih nyaman. Jadi supaya otot-otot kita tidak tegang dan tetap nyaman, kita harus rutin mengendurkan otot-otot yang tegang. Salah satu yang bisa dilakukan antara lain yoga, meditasi, atau olahraga ringan agar kita tetap merasa nyaman.

5. Hilangkan Pikiran Negatif
gambar: stocksnap.io
Nah yang terakhir ini perlu kita lakukan tak Cuma agar tampil tenang dan percaya diri, cara kelima ini akan membuat kita menjadi lebih baik dan memiliki mental yang positif. Pikiran negatif hanya akan membuat kita tidak tenang dan berpikiran yang macam-maca. Cobalah untuk menyendiri sesaat dan pikirkan hal-hal baik atau positif agar emosi dan perasaan kita juga berubah menjadi lebih tenang dan percaya diri.

Itulah kira-kira lima 5 hal yang bisa kita lakukan agar kita tetap tampil tenang dan percaya diri sepanjang waktu. Selamat mencoba seekers.

Sumber : Lieberman, D. J. (2006). Agar siapa saja mau melakukan apa saja untuk Anda. Penerbit Serambi.

Tidak ada komentar