Header Ads

ad

Peluang Kerja Sarjana Ilmu Pemerintahan / Politik

Photo by Vasily Koloda on Unsplash
Sebenarnya apa saja sih peluang kerja Sarjana Ilmu Politik? Tidak melulu berhubungan dengan politik ternyata. Sarjana Ilmu Politik juga dapat bekerja pada bidang-bidang lain yang mungkin tidak ada hubungannya sama sekali dengan politik.

Langsung saja, dibawah ini adalah beberapa (enam) kelompok bidang pekerjaan yang dapat diisi oleh Sarjana Ilmu Politik.

1.    Bidang Pemerintahan
Bidang ini adalah salah satu bidang pekerjaan yang sangat cocok untuk Sarjana Ilmu Politik. Jika bekerja pada bidang ini maka para Sarjana Ilmu Politik akan menjadi Aparatur Sipil Negara atau yang lebih kita kenal sebagai PNS. Sarjana Ilmu Politik juga dapat masuk ke semua instansi pemerintahan baik pusat maupun daerah.

Bekerja pada bidang pemerintahan akan membuat Sarjana Ilmu Politik bertemu dengan aktifitas politik dan kegiatan pemerintahan yang selama ini telah dipelajari selama kuliah. Ilmu yang didapat dibangku kuliah akan terpakai dan terus berkembang seiring dengan bertambahnya pengalaman bekerja pada bidang pemerintahan.

2.    Bidang Politik
Bidang Politik juga salah satu bidang pekerjaan yang sangat cocok untuk Sarjana Ilmu Politik, dari namanya saja Bidang Politik, otomatis bidang pekerjaan ini banyak membutuhkan Sarjana Ilmu Politik. Bidang pekerjaan Politik ini meliputi pekerjaan yang memang berhubungan langsung dengan politik, seperti: konsultan politik, analis politik, mencalonkan diri menjadi anggota dpr atau dprd, mencalonkan diri menjadi calon gubernur atau kepala daerah, dan aktif pada kegiatan partai politik baik tingkat nasional maupun lokal.

Sebenarnya bidang politik dan pemerintahan saling berkaitan dan tidak bisa benar-benar dipisahkan. Sebab dalam pemerintahan juga terjadi proses politik yang justru perannya sangat besar dalam menentukan berbagai aspek kehidupan di masyarakat.

Jadi, bidang Politik dan Pemerintahan adalah dua bidang pekerjaan yang sangat cocok untuk Sarjana Ilmu Politik. Sudah semestinya Sarjana Ilmu Politik yang bekerja pada bidang ini dapat menerapkan ilmu yang telah dipelajari dan membawa perubahan yang lebih baik bagi pemerintahan dan politik di Indonesia.

3.    Bidang Pendidikan
Bagi para Sarjana Ilmu Politik yang suka dengan dunia pendidikan serta yang ingin memperdalam keilmuannya di bidang politik, bidang ini adalah bidang yang cocok dan dapat masuk menjadi dosen atau tenaga pendidik. Tidak sedikit Sarjana Ilmu Politik yang melanjutkan sekolahnya untuk memperoleh gelar Master hingga Doktor untuk menjadi dosen dan mengabdi pada bidang pendidikan.

Bagi para Sarjana Ilmu Politik yang memang sudah berniat akan menjadi dosen atau terjun ke dunia pendidikan, maka lanjutkan perjuanganmu dan niatkanlah sungguh-sungguh akan memberi pendidikan yang berkualitas kepada junior-juniornya yang masih berkuliah di Jurusan Ilmu Politik dan mengembangkan keilmuannya untuk kemajuan Bangsa.

4.    Bidang Sosial
Sarjana Ilmu Politik yang merupakan bagian dari Ilmu Sosial juga dapat berkarir pada bidang sosial seperti bergabung menjadi anggota LSM, Komunitas, peneliti, dan praktisi sosial untuk membantu masyarakat yang kurang mendapat perhatian dari pemerintah. Kebanyakkan sarjana ilmu politik bergabung dengan LSM, komunitas, atau lembaga sosial lainnya sudah dilakukan sejak bangku kuliah. Sehingga, saat lulus dari pendidikan Ilmu Politik, mereka langsung terjun penuh membantu organisasi yang sudah diikuti semenjak kuliah.

Pemahaman dan pengetahuan lulusan ilmu politik yang selalu berhubungan dengan masyarakat dan meneliti permasalahan sosial di lingkungannya, membuat lulusan ilmu politik menjadi lebih peka dengan permasalahan yang ada di masyarakat dan berusaha membantu menyelesaikan permasalahan tersebut.

5.    Bidang Industri
Bagi para lulusan ilmu politik yang ingin berkarir pada perusahaan swasta ada beberapa bidang yang sebenarnya sesuai dengan kualifikasi ilmu politik. Namun sayangnya, sebagian besar dari posisi tersebut sangat jarang membuka lowongan secara besar-besaran dan berkelanjutan setiap tahunnya. Maka dari itu, jika ingin berkarir pada perusahaan swasta, sarjana ilmu politik bisa mencoba dari bawah yaitu dari posisi sales/marketing yang setiap tahunnya selalu ada lowongan dan selalu ada proses rekrutmen untuk posisi tersebut.  Hal wajib yang harus dikuasai semua lulusan Ilmu Politik adalah BAHASA INGGRIS, dengan Bahasa Inggris yang baik kamu bisa mendaftar ke perusahaan multinasional impianmu, bahkan lintas negara. Sebab sekarang ini perusahaan besar proses seleksi karyawannya mulai menggunakan full english process.

Berikut ini adalah beberapa posisi yang bisa dimasuki atau sesuai dengan kualifikasi lulusan sarjana ilmu politik, beserta dengan kuantitas lowongan dan rekrutmen yang dibuka:
a.    Marketing 
Peluang dan rekrutmen setiap tahun/bulan selalu ada. Persaingan dengan semua lulusan dari berbagai jurusan. Pengetahuan yang harus ditingkatkan: Pemasaran, Ekonomi, Kreatifitas, Berpikir Strategis.

b.    Sales 
Peluang dan rekrutmen setiap tahun/bulan selalu ada. Persaingan dengan semua lulusan dari berbagai jurusan. Pengetahuan yang harus ditingkatkan: Pemasaran, Ekonomi, Kreatifitas, Negosiasi.

c.    Administrasi 
Peluang dan rekrutmen setiap tahun/bulan selalu ada. Persaingan dengan semua lulusan dari berbagai jurusan. Pengetahuan yang harus ditingkatkan: Administrasi dan Perkantoran, Ekonomi, Disiplin, Microsoft Office (Excel: Vlookup, Hlookup, IF, dll).

d.    Corporate Affairs / General Affairs / Government Relations / Industrial Relations / Public Relations
Peluang dan rekrutmen tidak selalu ada setiap tahun. Persaingan dengan semua lulusan dari berbagai jurusan. Pengetahuan yang harus ditingkatkan: Manajemen, Komunikasi, Negosiasi, Ekonomi.

e.    Human Resources
Peluang dan rekrutmen setiap tahun/bulan selalu ada. Persaingan dengan semua lulusan dari berbagai jurusan. Tergantung dari persyaratan lowongan, pada umumnya khusus untuk lulusan Psikologi, Hukum, atau Teknik sesuai dengan bidang Industri perusahaan tersebut. Pengetahuan yang harus ditingkatkan: Alat tes psikologi, Hukum, Pengetahuan dasar Psikologi Perusahaan, Microsoft Office (Excel: Vlookup, Hlookup, IF, dll).

6.    Bidang Wiraswasta
Bidang pekerjaan yang satu ini tidak perlu dijelaskan lagi kenapa menjadi salah satu peluang kerja lulusan sarjana ilmu politik dan pemerintahan. Pasti semua orang ingin menjadi pengusaha yang sukses, baik untuk yang sudah bekerja maupun untuk yang baru saja lulus. Dengan menjadi pengusaha kita bisa membuka lapangan pekerjaan untuk yang lain, dan juga memberikan kepuasan batin dengan hasil yang didapat dari hasil jerih payah sendiri.

Bidang usaha apa yang akan digeluti merupakan pilihan dari masing-masing kita untuk memulai usaha di bidang apa. Hal paling penting adalah berusaha semaksimal mungkin untuk mewujudkan semua impian kita.

Itulah enam bidang pekerjaan yang cocok untuk lulusan Ilmu Politik yang dapat kita coba dan masuki untuk melanjutkan kehidupan yang lebih baik dan sejahtera. Apapun pilihan bidang pekerjaannya semua ada plus-minus nya, tinggal bagaimana kita mengerjakan pilihan kita dengan sebaik-baiknya. Semoga bermanfaat, sukses selalu untuk kita semua. Aamiin..

Tidak ada komentar