Header Ads

ad

Langkah Sederhana Membuat Aquascape : Bahan-Bahan

Aquascape merupakan seni menghias tanaman dengan media air khususnya aquarium dengan mengutamakan keindahan dan kemiripan dengan ekosistem alam. Selain itu aquascape juga bisa di isi dengan berbagai jenis ikan hias yang dapat memperindah hasil akhir aquascape itu sendiri. Aquascape bisa di lakukan di semua ukuran aquarium, berikut langkah sederhana untuk membuat aquascape :

ALAT-ALAT



1. Aquarium
Aquarium

Aquarium merupakan wahana utama dalam aquascape, karena tanpa aquarium otomatis tidak dapat mengerjakan aquascape. Ukuran aquarium bebas, mulai dari ukuran mini sampai besar bisa digunakan untuk aquascape. 

2. Filter 
Filter gantung
Filter Hang On

Filter merupakan salah satu komponen penting yang digunakan dalam aquascape, terlebih untuk pemula. Keberadaan filter akan membantu menjaga aquarium tetap memiliki kualitas dan sirkulasi air serta oksigen yang baik. Namun keberadaan filter dapat menjadi tidak terlalu penting jika kita sudah mampu mengombinasikan tanaman, penataan landscape, dan pengaturan cahaya agar sesuai seperti ekosistem alam. Kebersihan, sirkulasi air serta oksigen dan CO2 dalam aquarium akan terbentuk secara alami jika kita sudah mampu mengombinasikan semuanya dengan baik dan benar.

Untuk filter yang dipilih pada artikel ini adalah filter gantung atau hang on. Filter jenis ini dipilih karena tidak memakan banyak tempat di dalam aquarium dan mudah dibersihkan.


3. Lampu
lampu aquarium
Lampu Aquarium

Lampu merupakan komponen terpenting dalam aquascape, karena lampu yang mengatur ekosistem di dalam aquarium dan mengatur kehidupan tanaman-tanaman di dalamnya. Pemilihan lampu juga disesuaikan dengan ukuran aquarium, aquarium kecil sebaiknya menggunakan lampu dengan watt kecil, begitupun dengan aquarium besar menggunakan watt yang sesuai. 

Lampu pada artikel ini kami modifikasi sedikit karena sebenarnya lampu yang digunakan adalah lampu celup berwarna putih dengan daya 6 watt bermerek Cosmo dengan harga 25.000. Modifikasi ini digunakan agar lampu celup tersebut dapat digunakan menjadi lampu gantung yang berada di atas permukaan air aquarium. Penggunaan lampu ini terpaksa dilakukan karena kami tidak dapat menemukan lampu LED sesuai kebutuhan kami di toko hobi terdekat. 

4. Pasir

Pasir silica aquascape
Pasir Silica
Disini kami menggunakan dua jenis pasir yang berbeda, pertama adalah pasir silica dan kedua pasir malang. Pasir silica kami gunakan sebagai dasar atau substrate utama dalam aquascape. Pasir silica dipilih karena lebih padat saat berada di dalam air, sehingga mampu menjadi ikatan bagi akar-akar tanaman yang ada di dalam aquarium. 

Pasir Malang
Pasir Malang


Pasir malang sendiri merupakan pasir yang berasal dari bebatuan vulkanik, sehingga memiliki karakteristik yang lebih ringan dan lebih kasar (tidak sehalus pasir silica). Pasir malang sendiri juga dapat digunakan sebagai substrate utama, namun pastikan pilih pasir malang yang memiliki butiran lebih halus agar dapat lebih kuat menjadi ikatan akar-akar tanaman.

5. Pupuk 
pupuk dasar
Pupuk dasar
Pupuk merupakan komponen tambahan yang digunakan untuk mempercepat pertumbuhan tanaman di dalam aquascape. Pupuk sendiri ada beberapa jenis seperti pupuk dasar dan pupuk cair. Pupuk yang digunakan untuk tahap awal adalah pupuk dasar untuk memberikan nutrisi pada substrate atau pasir silica. Pupuk dasar yang digunakan pada aquascape ini adalah pupuk dasar bermerek tetraplant dengan harga 114.000.


6. Batu
batu aquascape
Batu Aquascape

Desain aquascape dapat bermacam-macam, namun umumnya menggunakan bebatuan untuk membentuk landscape yang diinginkan. Bebatuan yang digunakan juga beraneka ragam, dapat menggunakan batu kali atau batu-batu yang ada di sekitar kita. Tidak pakem khusus untuk bahan ini, pilihlah bebatuan sesuai kebutuhan rancangan aquascape kita. 



7. Tanaman 
Tanaman hias aquascape
Tanaman hias aquascape


Nah, ini dia komponen utama dalam aquascape, tanaman. Banyak jenis tanaman air yang bisa dipakai untuk aquascape, bagi pemula lebih baik memilih tanaman yang sederhana dan mudah hidup. Tanaman ini menjadi salah satu unsur pembentuk ekosistem dan landscape didalam aquascape. Pilih tanaman yang sudah memiliki akar dan tidak memiliki daun layu/mati, hal ini agar tanaman lebih cepat tumbuh dan stabil di tempat (substrate/pasir) yang baru. 

Tanaman air juga ada banyak jenisnya, ada yang merupakan tanaman daun dan tanaman bertangkai, ada juga moss yang dapat kita gunakan sebagai pembentuk "rumput" didalam aquascape.


8. Pinset

pinset
Pinset
Alat ini adalah alat pendukung yang sangat membantu, dengan menggunakan pinset kita dapat menanam tanaman-tanaman dengan lebih rapi dan mudah. Pinset juga sangat berguna untuk membantu kita dalam menata landscape didalam aquascape, dibanding menggunakan tangan kosong. 



GALERI AQUASCAPE
Aquascape Mini

Aquascape Mini
Aquascape Mini
Aquascape

Aquascape

Tidak ada komentar